099. Keutamaan Pergi Ke Masjid

Pertanyaan:
Agus Irawan
‎.Dripda ngributin mslh korupsai yg blm pasti, mnding bkin pmbhsan bru.Punten.Sya prnh mndengar s'org ustad brcramah tntang stiap lngkah seseorg yg mnuju mushala/masjid utk shalat d hitung sbgai pahala, brpa kah pahala yg d dpt d stiap lngkah'y?
Jawaban:
Keutamaan Pergi Ke Masjid
Allah memberi kita banyak sekali pahala untuk bekal akhirat jika kita aktif ke masjid, melaksanakan sholat jama’ah.
Diantara pahala-pahala itu adalah”
1. Pahala langkah kaki
a. Setiap satu langkah satu pahala dan
b. Penghapusan satu dosa
Sebagaimana keterangnan dalil-dalil berikut ini.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya jika seseorang diantara kamu berwudhu dengan baik kemudian ke masjid dan tidak ada niatan kecuali untuk sholat maka tiadalah dia melangkahkan kaki satu langkah kecuali pastilah ALlah mengangkat dirinya satu derajat dan mengapuskan dari dirinya satu dosa sampai ia masuk masjid (DaKUK 15:Ibnu Majah 277).
Bila dihitung ukuran normal langkah kaki manusia adlah 3 langkah setiap meter. Maka jika rumah kita 100 meter dari masjid berarti setiap ke masjid kita memerlukan 300 langkah atu 600 langkah pulang pergi.
ini berarti semakin jauh jarak rumah ke masjid maka semakin besar pula pahala yang akan didapat
Menginat besarnya pahala jalan kaki itu maka Rasulullah SAW melarang Bani Salimah yang ingin pindah dekat masjid karena rumahnua jauh dari masjid. Jabir bin Abdullah menceritakan:
“Ada tanah kosong di dekat masjid maka Banu Salimah ingin pindah ke dekat masjid, hal itukedengaran Rasulullah aku tealh mendengar bahwa kamu ingin pindah ke dekat masjid. Mereka berkata: Benar wahi Rasulullah kami menginginkan itu. Maka beliau bersabda: Tetaplah di kampungmu sebab kamu pasti diberi pahal untuk bekas-bekas jalan kakimu. Tetaplah di kampungmu sebab kamu pasti diberi pahala untuk bekas-bekas jalan kakimu.”
2. Keutamaan shaf pertama (bagi pria)
Berdasarkan sabda Nabi:
“Seandainya mereka tahu pahala yang didapat shaf pertama niscaya mereka berundi untuknya.”
Dan sabdanya:
“Sebaik-baik laki-laki adalah yuang pertama dan yang paling buruk yang akhir, dan sebaik-baik shaf perempuan adalah yang akhir , dan yang paling buruk yang pertama.”
Bagi wanita shaf paling belakang adalah yang utama.
3. Pahala Menunggu Sholat di Masjid
Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedangsholat, berdasarkan sabda Rasulullah:
“Dan seseorang akan tetap dianggap sedang sholat selama waktu menunggu shalat.”
Apalagi kalau dia sambil baca Al-quran, menyampaikan atau mendengarkan pengajian, membaca buku-buku yang bisa meningkatkan keimanan dan keisalamannya tentu pahalanya lebih besar lagi.
4. Bonus pahala 27 lipat untuk berjama’ah dhurur, ashar dan magrib
Rasulullah SAW bersabda:
Sholat jamaah itu lebih baik 27 derajat dari sholat sendiri.
5. Pahala Istimewa berjamaah isya
Yaitu pahala berlipat yang nilainya separoh pahala sholat subuh berjamaah di jmasjid.”
7. Didoakan oleh Malaikat
Malaikat akan mendoakan seseorang yang shalat berjamaah di masjid sejak samapai masjid dan ketika menunggu sholat. Rasulullah SAW bersabda:
“Para Malaikat terus mendoakannya selama dia masih berada di tempat sholat itu, yaitu: Ya Allah sejahterakan dia, ya Allah rahmati dia.”
8. Pahala bagi yang hatinya tertaut dengan masjid
Merkeka diberi naungan di hari qiyamat. Rasulullah SAW bersabda:
“Ada 7 golongan yang akan dapat naungan Allah di hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya:… (diantaranya  orang yang hatinya terpaut dengan masjid.”
Tanda-tanda orang yang hatinya terpaut dengan masjid antara lain:
a. Aktif ke masjid di kampungnya
b. Mencari masjid jika tinggal di tempat baru
c. Membangun masjid jika di tempat domisilinya belum ada masjid
9. Diberi kesaksian sebagai mukmin
Rasulullah SAW bersabda:“Jika kamu menyaksikan orang yang aktif ke masjid maka berikanlah kesaksianmu bahwa dia adalah orang yang beriman, sebab Allah berfirman: Sesungguhnya yang memakmurakn masjid-masjid Allah itu adalah orang-orang yang beriman kepada ALlah dan hari akhirat, yang melaksanakan sholat dan menunaikan zakat.” (At-Taubah:9-1 10. Ketika sakit atau beergian diberi pahala penuh seperti yang diterima tiap hari dalam kondisi normal, meskipun dia tidak pergi ke masjid. Rasulullah SAW bersabda:“Apabila seorang hamba biasa melakukan amal kebaikan lalu (suatu ketiak) terhalang oleh sakit atau perjalanan maka dituliskan untuknya pahala-pahala kebaikan yang biasadilakukan ketika ia sehat dan tidak bepergian.”11. Terbebas dari salah satu sifat munafiq yaitu sifat malas ke masjid, sesuai dengan sabda Rasulullah:“Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafik daripada sholat subuh dan isya. Seandainyalah mereka tahu nilai yang terkanudng di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.”Begitu besarnya beda perolehan pahala antara orang yang sholat dirumah dan sholat di masjid. Ketika orang yang sholat 5 waktu di rumah dapat 5 pahala, maka yang pergi ke masjid dapat 5+259=264 pahala atau lipat 53 kali.Berarti, ketika orang yang sholat 5 waktu di rumah hanya dapat pahala 1hari sholat maka yang berjamaah 5 waktu (1 hari) di masjid mendapat senilai pahala 53 hari sholat di rumah.Ini tanpa dihitung pahala-pahala lain seperti: pahala jalan kaki, sholat tahiyyatula masjid, menunggu sholat dll. yang hanya Allah saja yang mengetahui hakikta hitungannya.Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama ramaikan masjid dengan cara sholat berjamaah didalamnya. semoga ALlah membalas setiap amal kebaikan yang kita lakukan dan membayarnya di yaumil akhir nanti.ingat saudaraku hidup didunia ini hanyalah sementara, tidak ada satupun yang kekal didalamnya. Janganlah engkau mau terayu oleh bujuk rayu setan, karena sejak jaman nabi Adam sampai sekarang Setan memang suka menggoda ummat manusia agar mau menjadi sahabatannya di neraka jahannam nanti (Naudjubillah hi minjalik).