045.Niat dan Cara Mengqodho Sholat

Assalamualaikum..
Mohon bimbingan. Bgmana niat mengqodho sholat dan bgmaena cara pelaksanaanya? Makasih.. apakah sholat yg jumlah bilanganny ga keingat bisa du qodho'?

Jawaban
Kata ada'an atau qodlo'an bukan keharusan dalam niat, hanya bersifat sunnah, sehingga sunnah mengganti lafadz ada'an dg qodlo'an.
Referensi: Hamisy I'anatut- tholibin, hal 151

Mohon bimbingan. Bgmana niat mengqodho sholat dan bgmaena cara pelaksanaanya?
_ _
Cara mengerjakan sholat qodho' itu sama saja dengan sholat ada' )sholat yang dikerjakan pada waktunya) dalam semua hal, mulai dari syarat sah sampai rukun-rukunnya. Sedikit perbedaannya terletak pada niatnya, dalam sholat qodho' disunatkan untuk mengganti kata "ada'an" dengan kata "qodho'an". Namun, hal ini tidak wajib, sebab dalam madzhab syafi'i tidak diwajibkan untuk menyinggung ada' atau qodho' ketika niat, hanya saja penambahan kata "qodho'an" dianjurkan untuk menghindari perselisihan seputar diwajibkannya penambahan itu.
.
Sumber

At Taqrirot Asy Syadidah, Hal : 210

لا تجب نية إضافة الصلاة لله سبحانه وتعالى, ولا نية تعيين عدد الركعات, ولا نية استقبال القبلة, ولا نية الأداء أوالقضاءو بل كل ذلك سنة
Al Muhadzdzab, Juz : 1 Hal : 134-135

ولا يلزمه أن ينوي الأداء والقضاء ومن أصحابنا من قال يلزمه نية القضاء والأول هو المنصوص فإنه قال فمن صلى في يوم غيم بالاجتهاد فوافق ما بعد الوقت أنه يجزيه وإن كان عنده أنه يصليها في الوقت
Wallohu a'lam bishshowab