Powered by Blogger.
( )
Home |Shopee Video

JADWAL RILIS | ANIME LIST BARU | CARA DONLOT

SONG OF THE WEEK:
Video Short
Video Short
Irashaimasen, Danna! (16 Des 2016 00:40)
Untuk menyambut anime Winter 2017, silahkan vote yak
Voting Winter di sini: Polling Anime Winter 2017
UPDATE ANIME

03.Aku Lebih Suka Di Penjara [ semoga bermanfaat ]

Baginda Raja Harun Al Rasyid mempunyai dua orang putra dan permaisurinya. Pertama bernama Al Amin yang kedua bernama Al Ma'mun. Al Amin ternyata sangat bodoh dan pemalas. Sedang Al Ma'mun terkenal rajin dan pintar dalam bidang ilmu sastra. Raja sangat menyukai Al Ma'mun karena kecerdasannya tersebut. Ini tentu membuat sang permaisuri tidak suka, lantaran sang Raja dianggap pilih kasih. Padahal keduanya sama-sama putranya. "Suamiku kenapa Anda tidak begitu menyayangi Al Amin?" tanya sang permaisuri Zubaidah.



"Karena ia tidak bisa membuat syair dan tidak kenal dengan ilmu sastra," jawab sang Raja.
"Suamiku, sebenamya kalau mau Al Amin akan lebih menguasai ilmu sastra daripada saudaranya. Sebenamya ia lebih cerdas. ia hanya malas saja," kata sang permaisuri mencoba membela Al Amin.

"Apa buktinya?."
"Baik, tidak lama lagi Anda akan melihat buktinya." Pada suatu siang sang permaisuri memanggil putranya Al Amin.

"Aku baru saja berdebat dengan ayahmu mengenai dirimu," kata sang permaisuri kepada putranya tersebut. "Aku tidak rela kamu dipandangnya sebelah mata dan dibanding-bandingkan dengan kakakmu. Karena itu kamu harus bisa menandinginya. Mulai sekarang kamu harus tekun rnempelajari ilmu sastra, supaya menjadi seorang penyair yang hebat."

Sorenya Al Amin pergi meninggalkan istana rnenuju ke sebuah tempat yang sepi. Di tempat itulah ia mencoba mengasah pikirannya yang bebal. Ia berusaha menulis bait-bait syair tanpa seorang guru atau tanpa bimbingan siapapun. Beberapa minggu kemudian setelah merasa mampu rnenguasai ilmu sastra dan menulis bait-bait syair, Al Amin pulang ke istana.

"Jadi kamu sekarang sudah bisa menulis syair, putraku?" tanya sang permaisuri Zubaidah ketika menyambut kedatangan putranya tersebut dengan gernbira.
"Sudah," jawab Al Amin.
"Kalau begitu biar besok aku panggil Abu Nawas untuk menguji karya syairmu."

Esoknya pagi-pagi sekali Abu Nawas sudah muncul di istana memenuhi panggilan sang permaisuri.
"Abu Nawas, coba kamu dengarkan karya syair putraku ini," kata sang permaisuri dengan bangga.
"Baik, silahkan," kata Abu Nawas.

Al Amin lalu mernbacakan beberapa bait syair sebagai berikut
"Kami adalah keturunan Bani Abbas. Kami duduk di atas kursi"

Abu Nawas hampir tidak sanggup menahan tawanya mendengar syair tersebut.
"Bagaimana?" tanya Al Amin kepada Abu Nawas.
"Ya, begitulah. Kalian memang dari keturunan yang mulia," jawab Abu Nawas ngeledek.
"Tapi coba teruskan."
"Kami berperang Dengan pedang dan tombak pendek."

"Syair macam apa itu celutuk Abu Nawas yang sudah tidak mau berbasa-basi lagi. Al Amin marah sekali mendengar cemooh Abu Nawas tersebut, ia lalu menyuruh seorang pasukan istana untuk menangkap dan memasukkan Abu Nawas ke dalam penjara.

Selama beberapa hari Abu Nawas tidak pernah muncul di istana, sehingga Raja Harun Al Rasyid merasa rindu. Belakangan sang Raja mendengar khabar bahwa Abu Nawas dimasukkan penjara oleh Al Amin.

Ia kemudian mengajak putranya itu ke penjara untuk menjenguk Abu Nawas.
"Kenapa kamu memenjarakannya?" tanya sang Raja. Al Amin kemudian menceritakan semuanya.
"Yang sangat menyakitkan ia telah berani mencemooh syair karyaku, ayahanda," kata Al Arnin.

"Tentu saja karena rnemang karya syairmu jelek.
Dia itu kan memang seorang penyair hebat. Jadi bisa menilai mana karya syair yang bagus dan yang tidak bagus. Lagi pula apa yang ia katakan itu jangan kamu anggap sebagai ejekan, melainkan sebuah kritikan yang harus kamu terima dengan lapang dada," kata sang Raja menasihati.

"Baik. Kalau begitu beri lagi aku kesempatan waktu untuk memperbaiki karya syairku, kata Al Amin sambil beranjak pergi.

Untuk kedua kalinya Al Amin pergi ke tempat yang sepi guna mengasah pikiran dan mendalami ilmu sastra agar bisa menulis syair yang benar-benar bagus, tidak seperti sebelumnya, Dan beberapa pekan kemudian ia sudah pulang ke istana.

Esoknya pagi-pagi sekali baginda Raja Harun Al Rasyid, Abu Nawas, dan beberapa penyair sudah berada di istana. Rupanya pertemuan itu sudah diatur oleh sang permaisuri Zubaidah beliau ingin mereka mendengarkan karya syair putranya yang baru saja pulang mendalami ilmu sastra.

"Dengarkan karya syair putraku Al Amin," kata sang perrnaisun Zubaidah.
"Baik, silahkan, sahut Abu Nawas. AlAmin pun mulai membaca karya syairnya,
"Hai binatang yang duduk bersimpuh.
Rasanya tidak ada yang setolol kamu
Kamu seperti hidangan kinafah
Yang diolesi dengan rninyak biji hardal dan minyak sapi yang kental.
Seperti warna seekor kuda belang."

Begitu selesai mendengar syair tersebut Abu Nawas langsung bangkit dan hendak berlalu dari tempatnya. "Kemana kamu, Abu Nawas?" tanya sang Raja Harun Al Rasyid.

"Saya lebih suka balik ke penjara saja, daripada mendengar syair macam ini. Toh, sebentar lagi putramu ini pasti akan menyuruh polisi membawaku ke sana," jawab Abu Nawas.

Raja tertawa terpingkal-pingkal rnendengar jawaban dari Abu Nawas itu. Sementara sang permaisud Zubaidah hanya bisa duduk bengong. Kini ia sadar dan yakin bahwa putranya Al Amin memang bodoh.
Copyright 2016 ISLAMIC LIBRARY NEWS
Design by WapNU